SELAMAT DATANG DI NOTE UNTUK KAMU

SELAMAT DATANG DI NOTE UNTUK KAMU

Blogger ini muncul berdasarkan dari beberapa permintaan saudara-saudariku semua..

Alhamdulillah akhirnya tercapai juga dan selesai sudah blogger ini dibuat...

Namun kesempurnaan blogger ini belumlah maximal.

Semoga dihari..hari mendatang dapat disempurnakan blogger ini

Dan blogger ini tercipta dan ada... karena... diri saudara-saudariku semua..

Dan...tiada artinya blogger"NOTE UNTUK KAMU" ini.. jika saudara-saudariku tidak berada didalamnya....

Salam Ukhwah..........

Oct 3, 2011

DENDAM YANG MERUGIKAN

Dendam merusak dan meracuni batin manusia.

Kenyataan ini nampak dalam kehidupan kia sehari-hari. Betapa dendam dan amarah menguasai hati kita setiap hari.

Dendam melahirkan kekerasan dan kekejaman.

Dendam menciptakan permusuhan yang tidak habisnya. Betapa semenjak kita masih kecil, nafsu amarah dan dendam ini telah menguasai lubuk hati kita sepenuhnya.

Kita akan marah-marah kalau kita diganggu, kalau keluarga kita diganggu, kalau negara kita diganggu, kalau bangsa kita diganggu, kalau milik kita lahir dan batin diganggu.

Dan kita akan membalas.........!

Membalas berlipat ganda! Sejak masih kanak-kanak sudah nampak nafsu dendam ini.

Dipukul sekali baru akan puas kalau membalas dua kal...i!

Hati yang marah baru akan puas kalau sudah menumpahkan kemarahannya berupa makian, balas menghina, memukul dan sebagainya lagi.

Betapa nampak kalau kita mau membuka mata memandang, bahwa satu diantara hal yang mendorong kita men-dendam adalah karena kita selalu ingin menang dari orang lain, tidak mau kalah dalam hal apa pun juga! Kalau orang melakukan kekerasan kepada kita, kita pun tidak mau kalah keras.........!

Kita khawatir disangka takut, disangka pengecut, dianggap tidak berani! Inilah yang mendorong kita menyambut kekerasan orang dengan kekerasan yang lebih hebat lagi.

Dan bagaimana kalau ada orang bersikap baik kepada kita.............?

Kita pun tidak mau kalah, tidak mau kalah baik, ingin dianggap lebih baik lagi.

Buktinya.............??

Kalau anda bermusuhan atau saling marah dan membenci dengan orang lain, cobalah anda mengubah diri dan bersikap manis dan baik.

Akan nampak oleh anda betapa orang itu pun sebaliknya akan mengambil sikap yang lebih manis dan lebih baik pula daripada sikap anda.

Sebaliknya, kalau dia bersikap keras dan congkak, anda akan bersikap lebih keras dan lebih congkak lagi...........!

Kemudian kita melihat bahwa kemarahan itu mengakibatkan hal-hal buruk sekali dalam kehidupan, menimbulkan permusuhan, pertentangan dan kesengsaraan, maka lalu munculah ajaran agar kita belajar sabar.........!

Kita marah dan kita dianjurkan bersabar.

Hal ini seperti terbukti dalam kehidupan kita sehari-hari, sama sekali tidak ada artinya, tidak ada gunanya! Dalam keadaan marah, kita lalu mengendalikan perasaan, menekan kemarahan, dan memaksa diri untuk menjadi sabar.

Memang........, pada saat itu dapat kita menekan kemarahan dan menjadi sabar, namun kesabaran seperti itu adalah kesabaran palsu, kemarahan itu tidak padam, hanya ditekan dan ditutupi belaka.

Seperti api dalam sekam, kelihatannya saja tidak menyala namun sesungguhnya masih membara dan sewaktu-waktu akan berkobar lagi.

Maka.......... nampaklah dalam kehidupan kita betapa apabila belajar sabar itu sama sekali tidak ada gunanya karena kemarahan yang ditekan-tekan itu akan terus-menerus dan selalu muncul dan muncul lagi untuk ditekan dan dikendalikan lagi.

Maka.......... terjadilah perang batin, konflik batin antara kemarahan sebagai kenyataan dan sabar sebagai hal yang kita kehendaki.

Kita lupa........ bahwa kemarahan tidak mungkin dapat dilenyapkan dengan belajar sabar atau dengan keinginan untuk tidak marah! Kotoran tidak mungkin dapat dilenyapkan dengan belajar bersih.............!

Yang penting adalah berani menghadapi kenyataan. Dan kenyataan pada diri kita adalah kemarahan. Itulah faktanya.

Kita marah...........!

Kita keras, kita pendendam, kita kejam.

Inilah kenyataannya........!

Tidak perlu kita lari daripada kenyataan ini dan bersembunyi dibalik selimut kesabaran, kebaikan dan sebagainya.

Semua itu hanya palsu dan munafik belaka.

Lalu apakah kita harus membiarkan saja kenyataan bahwa kita pendendam dan pemarah.........?

Sudah tentu tidak! Kita melihat dengan jelas bahwa harus terjadi perubahan pada diri kita, pada batin kita.

Akan tetapi perubahan itu tak mungkin terjadi kalau hanya dengan jalan menantang kemarahan itu dan ingin menggantikan kedudukannya dengan kesabaran dan kebaikan.

Kita HARUS berubah.............!

Lalu bagaimana caranya untuk melenyapkan kemarahan...............???

Tidak ada cara-nya............ karena kalau disebutkan suatu cara, itu pun palsu dan merupakan penipuan belaka, merupakan pelarian seperti belajar sabar dan mengendalikan perasaan tadi.

Apakah kemarahan itu...........??

Siapa yang marah.........??

Berbedakah kita dengan kemarahan itu............??

Kitalah yang marah.

Kitalah kemarahan itu sendiri! Kemarahan tidak terpisah dari kita............!

Kitalah sumber kemarahan, kitalah pembuat kemarahan, kitalah biang keladinya.

Karena itu, kalau kemarahan tiba, tidak perlu kita lari, tidak perlu kita sembunyi, baliknya, kita hadapi kemarahan itu, kita pandang dengan penuh kewaspadaan, dengan penuh perhatian! Pernahkah anda melakukan hal ini...........??

Biasanya...... kalau kita marah, kita menjadi mata gelap, kita kehilangan kesadaran, kita tidak ingat apa2 lagi, yang ada hanyalah nafsu ingin melampiaskan kemarahan.

Bukankah demikian...........??

Pernahkah dan maukah kita mencoba untuk menghadapi kemarahan itu sebagai suatu fakta, kita  perhatikan kemarahan kita itu penuh kewaspadaan dan ingin kita melihat apa yang terjadi kalau  begitu........!

Karena kemarahan itu pada hakikatnya adalah kita sendiri, maka dengan pengamatan penuh kewaspadaan itu, dengan penuh perhatian itu, kemarahan pun tidak ada.........!

Sebaiknya kita mencoba dalam kehidupan kita sehari-hari yang penuh coba dan kalau sudah tidak ada kemarahan lagi dalam batin kita, perlukah kita belajar sabar?? Kalau kita tidak marah, perlukah kita menekan dan mengendalikan perasaan......??

Dan........ kalau tidak ada kemarahan, tidak ada benci, apa yang timbul dalam hati kita....??

Mungkin mata batin kita baru akan melihat apa artinya CINTA KASIH itu.

Marilah kita membuka lembaran baru.

Kita renungi apa saja yang telah kita lakukan di hari kemarin, agar kita mendapatkan bekal untuk bertindak dikemudian hari.

Lalu kita tata kembali hati kita.........., batin kita dan kita bimbing mereka untuk senantiasa tegar dan  pantang putus asa.

Hilangkan rasa dendam dalam hati, karena itu hanyalah akan membuang kesempatan kita untuk  melakukan perubahan yang selalu kita dambakan agar dikemudian hari kita bisa hidup damai,  tentram.

Maka mulailah itu semua dengan diri sendiri. 

Janganlah kita terlalu menuruti keinginan yang tiada artinya, apalagi sampai merugikan orang lain.

No comments:

Post a Comment