SELAMAT DATANG DI NOTE UNTUK KAMU

SELAMAT DATANG DI NOTE UNTUK KAMU

Blogger ini muncul berdasarkan dari beberapa permintaan saudara-saudariku semua..

Alhamdulillah akhirnya tercapai juga dan selesai sudah blogger ini dibuat...

Namun kesempurnaan blogger ini belumlah maximal.

Semoga dihari..hari mendatang dapat disempurnakan blogger ini

Dan blogger ini tercipta dan ada... karena... diri saudara-saudariku semua..

Dan...tiada artinya blogger"NOTE UNTUK KAMU" ini.. jika saudara-saudariku tidak berada didalamnya....

Salam Ukhwah..........

Feb 12, 2013

MENJAGA AQIDAH KELUARGA DI ZAMAN MODERN

Allah Subhanaahu Wa Ta'ala menciptakan manusia dengan dua ketentuan ketentuan bersifat mutlak sebagai kehendak Allah yg disebut iradah kauniyyah dan ketentuan yg menghendaki menusia berjalan menuju ke jalan kebenaran atau disebut iradah syar’iyyah.

Dalam iradah kauniyyah manusia tidak dimintai pertanggungjawaban atas kehendak Allah yg terjadi padanya mengapa ia menjadi seorang pria atau wanita mengapa muka kita seperti ini mengapa berbadan tinggi dan yg semacamnya.

Ketentuan kedua Allah iradah syar’iyyah menghendaki manusia berjalan menuju kebenaran. Untuk tujuan tersebut Allah memberikan sejumlah perangkat.

Pengutusan para rasul yg ditutup oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. adalah salah satunya.

Barang siapa yg menerima dan memegang komitmen dalam hidupnya sesuai dgn kehendak Allah maka dia selamat dunia maupun akhirat .

Tetapi.... sebaliknya jika ia menolak dgn berpegang pada isme-isme buatan jin dan manusia dia tersesat di dunia dan merugi di akhirat .

Atas dasar itu terjadi tarik-menarik antara kebenaran dan kebatilan.

Bendera kebenaran dibawa oleh para nabi sedang bendera kebatilan dibawa oleh setan dan konco-konconya dari jin dan manusia .

Maka sejak iblis diusir dari neraka dia bersumpah utk menyesatkan seluruh manusia kecuali hamba Allah yg bersyukur {Al-A’raf 12-18}.

Upaya penyesatan itu berlangsung sampai hari kiamat

Maka sejak itu terjadi dua kelompok yg selalu tarik-menarik seperti firman Allah Subhanaahu Wa Ta'ala Orang yg beriman di jalan Allah sedangkan orang-orang non muslim berjuang di jalan thaghut maka perangilah pembela-pembela seitan sesungguhnya tipu daya syaitan itu lemah.
.
Upaya perusakan setan dilakukan melalui dua arah.

Pertama fitnah syubhat berupa wacana pemikiran dan keyakinan yang berlawanan dgn kebenaran.

Fitnah ini diusung oleh non-muslim atau juga lewat orang muslim yang berpenyakit .

Kedua fitnah syahwat (**) dalam perilaku seksual.

Jika seorang muslim terkena salah satu fitnah tersebut atau bahkan keduanya daya memperjuangkan Islamnya akan lumpuh.

Dalam melumpuhkan kekuatan umat Islam musuh-musuh Islam menggunakan segala macam cara yg terus-menerus dikembangkan baik melalui eksternal {vis to vis dgn kaum muslimin} maupun internal .

Dan itu dilakukan sepanjang sejarah perjuangan umat Islam.

Semenjak dari negara pimpinan Nabi saw. lalu dinasti Umayyah Abbasiyyah dinasti-dinasti lain dan sampai yg terakhir Utsmaniyah.

Dicatat oleh Dr. Abdul Halim dalam kitabnya Asbaabu Suquuthi Tsalatsiina Daulah Islamiyah {Sebab-Sebab Kejatuhan 30 Negara Islam} bahwa kejatuhan negara-negara Islam umumnya disebabkan oleh hal-hal di atas dari penyimpangan ideologi sampai penyimpangan moral.

Faktor Eksternal yg Menggerogoti Umat Islam Kerja sama zionisme dan salibisme internasional dalam menghadapi umat Islam dicatat Dr. Umar al-Faruk dalam bukunya Segi Tiga Penjajahan Orientalisme dan Kristenisasi sebagai usaha yg memporak-porandakan kekuatan umat Islam di seluruh dunia.

Kita melihat bagaimana Portugal Inggris dan Belanda ketika menjajah Indonesia.

Ketiga hal di atas menjadi suatu langkah kongret usaha mereka yg berhasil mengangkangi umat Islam Indonesia berabad-abad.

Mereka memperlakukan umat Islam sekehendaknya dan bagi yg menentang dikenakan tuduhan ektresmis fundamentalis dan lain-lain.

Ketika penjajah sudah hengkang peranan mereka digantikan oleh kaum intelek kita yg menjadi perpanjangan tangan para orientalis dgn mengampanyekan paham-paham mereka atas nama nasionalisme modernisme sekularisasi desakralisasi reaktualisasi pribumisasi dan semacamnya.

Hal tersebut diungkapkan R. William Lidle dalam bukunya Islam Politik dan Modernisasi.

Di antara wacana-wacana itu yg kini lumayan naik daun adalah Islam Liberal.

Perkembangan Islam Liberal telah mendominasi para intelektual kita.  

Greg Burton dalam bukunya Islam Liberal di Indonesia menyebutkan paling tidak ada tiga nama besar pembawa gagasan paham ini di Indonesia Nurcholis Majid, Abdurrahman Wahid dan Johan Effendi.

Ditinjau dari sudut pemerintahan perjalanan peran umat Islam dipegang oleh tiga elemen.

Pertama elemen nasionalis muslim Soekarno yg dilanjutkan oleh Soeharto lalu Habibie.

Mereka adalah tipe pemimpin sekuler yg mengadopsi paham Islam formalistik.

Kepemimpinan model ini telah gagal menciptakan kesejahteraan umat bahkan keadaannya termarjinalkan.

Elemen kedua adalah kelompok modernis dan Islam liberal.

Di bawah kepemimpinan Gus Dur model ini terbukti gagal juga.

Terakhir kaum kafirin khawatir akan lahirnya elemen ketiga yg nantinya membawa kemenangan dan kesejahteraan Islam melalui kekuasaan secara de facto dan de jure.

Elemen ketiga itu mereka sebut fundamentalisme.

Roger Garraudy menyebut fundamentalisme sebagai antitesis bagi sekularisme.

Sementara mantan Presiden Amerika Richard Nixon setidaknya menginventarisasi lima pemicu munculnya kaum fundamentalis dalam Islam.

Pertama mereka yang digerakkan kebencian terhadap Barat/anti-Barat. Kedua mereka yg bersikeras mengembalikan peradaban Islam yg lalu.

Ketiga mereka yg bertujuan mengaplikasikan syariat Islam.

Keempat mereka yg mempropagandakan bahwa Islam adl agama dan negara.

Kelima mereka yang menjadikan masa lalu itu sebagai penuntun masa depan mereka ini bukan orang-orang konservatif namun cukup revolusioner {Adian Husaini Yusril Versus Masyumi hal. 49}.

Fundamentalisme benar-benar dianggap ancaman oleh blok kafir yg dikomandoi oleh Barat.

Mata dunia terbuka lebar ketika menyaksikan Sovyet yg kokoh bertekuk lutut di hadapan para mujahidin Afghanistan yang oleh mereka disebut muslim fundamentalis.

Sebuah bukti bahwa kekuatan fisik dan mesin-mesin perang tidak cukup ampuh melawan gelora jihad {mereka menyebutnya fundamentalisme}.

Maka tidak heran jika kemudian tesis Samuel Huntington The Class of Civilisation/Benturan Peradaban mereka jadikan kemudi utk menyudutkan umat Islam di seluruh dunia.

 Lalu dibuatlah isu terorisme untuk membungkam gelora jihad umat Islam sehingga tidak mempunyai perlawanan lagi.

Betul kata Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam.

Tidaklah suatu kaum meninggalkan jihad kecuali akan hina.

Adapun gerakan kristenisasi yg berjalan terus semenjak masa penjajahan hingga kini imbasnya jelas-jelas dirasakan oleh umat Islam di berbagai pelosok daerah.

Grafik statistik kependudukan tentang kuantitas kaum muslimin yg menurun drastis adalah bukti yang autentik. 

Padahal Indonesia mempunyai piranti undang-undang yg melarang pemaksaan agama.

Jika memperhatikan keadaan umat Islam akan kita dapati berbagai indikasi kemerosotan dalam hampir seluruh aspek kehidupan baik akidah ibadah maupun moralitas.

Fenomena kemusyrikan terjadi di mana-mana.

Di antara yg paling menonjol adl praktik perdukunan.

Ditambah lagi dgn pesatnya perkembangan aliran-aliran sesat yg memanfaatkan kebodohan umat.

Dalam ibadah ritual umat Islam masih jauh dari masjid terutama salat subuh.

Dari segi moralitas sudah nyata-nyata bobrok.

Sebagai ilustrasi Jakarta yg penduduknya 80% muslim dgn jumlah masjid 2.400 musala 5.500 dan majelis taklim 6.750 mencetak rekor tertinggi dalam peredaran narkoba skala nasional sekitar 60% sedang sisanya tersebar di wilayah-wilayah lainnya.

Budaya munafik
Sikap ulama yg tidak berpihak kepada umat dalam bentuk pembodohan atas nama ketaatan sikap para penguasa muslim dgn komitmen Islam yg lemah sikap masa bodoh para pengusaha muslim dalam mengentaskan kemiskinan dan tampilnya ulama-ulama kagetan yg bodoh tetapi sok pintar serta berbagai macam penyakit umat yg sudah sangat kronis pengobatannya membutuhkan waktu yg cukup lama dengan melibatkan semua elemen umat Islam yg terampil untuk bangkit menyelamatkan umat dari jurang kehancuran.

Dari kezaliman menuju keadilan Islam; dari kebodohan menuju kesadaran Islam.
Faktor Internal Penyebab Kelemahan Umat Jika ditinjau lbh jauh masyarakat muslim di berbagai pelosok Indonesia terpecah-pecah dalam berbagai sekat kelompok organisasi dan model dakwah variatif lainnya dgn klaim masing-masing kelompok paling benar.

Realita itulah yg menyebabkan kekuatan dakwah tercecer.
Berbicara tentang dakwah berarti berbicara risalah Islam.
Sudahkah ia terimplementasi dgn baik,,,?

Seberapa jauh pemahaman dai kita tentang metode dakwah Rasulullah..?

Seberapa banyak dai yang diterjunkan ke dalam masyarakat....?

Setingkat apa kualifikasi mereka....?

Bagaimana intensifitas dakwah mereka....?

Sejauh mana mereka dapat menghindarkan masyarakat muslim dari keterperosokan moral....?

Pertanyaan-pertanyaan ini penting utk direnungkan mengingat bahwa kebangkitan umat Islam dari multidimensi yg dialaminya sangat bergantung pada keberhasilan peranan dakwah.

Dalam tataran lokal kelemahan dakwah telah sampai pada tingkat yg luar biasa sehingga sulit mengharapkan sebuah kebangkitan Islam dalam jangka waktu yg pendek.

Indikasi kelemahan tersebut antara lain sebagai berikut.
  1. Banyaknya syirik bidah khurafat dan takhayul.
  2. Dekadensi moral yg mengerikan.
  3. Permusuhan antar-umat yg kerap terjadi hanya krn sebuah perbedaan.
  4. Integritas pribadi para dai yg bermasalah.
  5. Masjid-masjid banyak yg kosong dan difungsikan hanya utk salat.
  6. Pendidikan agama di sekolah-sekolah mengkhawatirkan.
  7. Masih meratanya tingkat kebodohan tentang Islam.
  8. Mayoritas masyarakat muslim enggan menampakkan penampilan Islamnya.
  9. Banyak daerah yg tidak terjamah dakwah krn kurangnya dai dan diperparah oleh penyebaran aliran sesat yg sangat luas.
  10. Fanatisme tiap-tiap kelompok yg sulit dipertemukan.
  11. Dan lain-lain.
Solusi Problematika Umat Menegakkan Islam dengan Cara Islam Sub-judul di atas menggambarkan upaya sungguh-sungguh untuk memahami dan mempraktikkan enbaenar penegakan syariat Islam dgn cara yg sesuai dgn Islam.

Meskipun pada kenyataannya banyak upaya yg dilakukan umat Islam dalam menegakan kalimat Allah itu dgn berbagai cara.

Ada kalanya islami tetapi parsial ada pula yg tidak islami tetapi berusaha melegitimasi dengan dalil-dalil syar’i dgn lebih banyak bersifat ijthadi pada saat ada dalil sebab ijtihad dilakukan pada saat tidak ada dalil atau dalil bisa dipahami lbh dari satu pengertian.

Karena itu kita dapati berbagai corak perjuangan yg dilakukan umat Islam satu sama lain menekankan pentingnya bidang garapan yg digelutinya.

Para politisi muslim umpamanya menekankan perjuangan Islam yg paling efektif adl melalui jalur politik. Sementara para ekonom muslim menganalisis mana mungkin perjuangan Islam bisa berhasil kalau umat Islam lemah ekonominya.

Demikian pula para juru dakwah mereka harus mengemukakakan bahwa perjuangan Islam yg paling dominan adl dengan kembali berpegang kepada Islam agar mereka jaya tanpa memperinci lebih jauh apa dan bagaimana merealisasikannya dan seterusnya.

Tanggung Jawab Personal Kita menyadari bahwa tanggung jawab yg akan dipertanyakan kelak di hari akhirat adl tanggung jawab personal.

Artinya Allah tidak membebankan tanggung jawab pihak lain kepada kita kecuali kalau kita punya andil dalam persoalan tersebut.

Karena itu banyak ayat yg menekankan tanggung jawab ini.

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dgn kesanggupannya.
Tidaklah kamu dibebani melainkan dgn kewajiban kamu sendiri. {An-Nisa 84}.
Hai orang-orang yg beriman selamatkanlah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka.

Rasulullah shallallahu Alaiahi Wasallam. bersabda Mulailah dengan diri kalian sendiri atau mulailah dgn keluargamu.

Dengan demikian prioritas kita adalah menyelamatkan diri sendiri dari segala kemungkinan penyimpangan terhadap misi utama kehidupan

yaitu seperti firman Allah Subhanaahu Wa Ta'ala Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.

Apabila kita sadari hal itu kita akan memahami arti ibadah seluas-luasnya.
 Yaitu segala sesuatu yg kita lakukan dalam kehidupan kita sesuai dgn apa yg dicintai dan diridai Allah Subhanaahu Wa Ta'ala .

Segala apa yg dicintai dan diridai oleh Allah baik berupa perkataan perbuatan yg nampak maupun yg tersembunyi. {Ibnu Taimiyah Al-’Ubudiyah hlm. 1}.

Ini mengandung pengertian bahwa seluruh aktivitas kita harus sesuai dgn syariat Islam.
Jadi fokusnya adl kita sementara acuannya adl syariat Islam.
Karena itu tidak benar seseorang yg belum mengerti ajaran Islam dalam membangun kepribadiannya tetapi sudah sibuk bagaimana menegakkan Islam.
Tidak berarti menegakkan Islam tidak penting tetapi prosesnya salah.
Sesudah seseorang dalam sekup individu melaksanakan tanggung jawab dirinya sebagai hamba Allah dia akan melangkah menempati posisi di masyarakatnya sesuai dgn kapasitas masing-masing.

Di sinilah terjadi interaksi dan kooperasi antara anggota masyarakat muslim sesuai dgn firman Allah Subhanaahu Wa Ta'ala Dan tolong-menolonglah kamu dalam kebajikan dan takwa dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. .

Dan tanggung jawabnya semakin luas sesuai dgn kapasitas kemampuannya sehingga dgn posisi masing-masing itu akan dimintai pertanggungjawabannya seperti sabda Nabi AShallallahu Alaihi Wasallam.

Ketahuilah bahwa tiap kalian adl penanggung jawab dan tiap kalian akan ditanyai terhadap apa yg menjadi tanggung jawabnya.

Imam yg ada di tengah manusia adl penanggung jawab dan dia akan ditanyai terhadap apa yg menjadi tanggung jawabnya.

Seorang suami bertanggung jawab terhadap keluarganya dan dia akan ditanyai tentang apa yg menjadi tanggung jawabnya.

Dan seorang isteri bertanggung jawab terhadap rumah suaminya dan anaknya dan dia akan ditanya tentang mereka.

Dan apabila tiap individu tidak melaksanakan tanggung jawabnya sebagai hamba Allah yg berkewajiban melaksanakan syariat Islam sesuai dgn kemampuannya berarti dia telah berkhianat.

Hai orang-orang yg beriman janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul dan janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yg dipercayakan kepadamu sedang kamu mengetahui. .

Dalam istilah fikih bahwa tanggung jawab personal itu fardu ain sedangkan tanggung jawab kolektif adl fardu kifayah.

Adalah salah besar kalau ada orang yg mengutamakan fardu kifayah daripada tanggung jawab fardu ain . Tetapi menjadi sangat baik kalau dia mengerjakan fardu ain juga melaksanakan fardu kifayah. Kalau tidak maka seluruh umat berdosa.

Teladan Rasulullah Gambaran di atas akan lbh jelas pada personifikasi Rasulullah saw. sebagai teladalan bagi perjuangan umat Islam.

Dan mempelajari perjalanan perjuangan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam. tidak boleh sepotong-sepotong seperti mereka yg terperangkap dgn mengotak-kotakan masa Mekah dan masa Madinah.

Karena Islam sudah lengkap dan Nabi saw. telah mempraktikkannya secara sempurna.

Maka kewajiban kita adl memahami sirah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam. itu secara komperehensif dan mempaktikkannya sesuai dengan kapasitas dan kondisi kita seperti firman Allah Subhanaahu Wa Ta'ala.

Maka bertakwalah kalian kepada Allah semampu kalian .. {Ath-Thaghabun 16}.

Dan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memberikan arahan atas kelengkapan syariat Islam yg harus kita pedomi.

Sesungguhnya Allah Subhanaahu Wa Ta'ala telah menetapkan hal-hal yg wajib maka janganlah kalian meninggalkannya dan telah memberikan batasan-batasan maka janganlah kalian melanggarnya.

Dia mengharamkan sesuatu maka janganlah kalian melanggarnya dan mendiamkan banyak hal sebagai rahmat bagi kalian maka janganlah kalian mencari-cari hukumnya.

Dan beliau menekankan pegangan yg harus dipedomani pada saat terjadi perbedaan atau perselisihan.

Maka barang siapa yg hidup di antara kalian niscaya akan melihat perbedaan yg banyak.

Maka hendaklah kalian sunahku dan juga sunah khulafa ar-rasyidin yg mendapatkan petunjuk dan gigitlah dengan gigi geraham dan hendaklah kalian menjauhui perkara-perkara yg diciptakan karena sesungguhnya tiap bidah adl sesat. {HR Abu daud dan Tirmizi hadis hasan}.

Jihad menundukkan hwa nfsu (**)
  1. Berjihad dgn mempelajari ajaran agama Islam demi kebahagiaan dunia dan akhirat.
  2. Berjihad dgn melaksanakan ilmu yg telah diperolehnya krn ilmu tanpa amal adl tidak berarti dan bahkan membahayakan.
  3. Berjihad dgn menjalankan dakwah berdasarkan ilmu yg benar dan praktik nyata.
  4. Berjihad dgn menekan diri agar sabar terhdap cobaan dakwah berupa gangguan manusia.
  5. Empat hal inilah makna yg terkandung dalam surah Al-Ashr yg kata Imam Syafii seandainya Allah tidak menurunkan ayat kecuali Al-’Ashr niscaya cukup bagi manusia.
Sebagai penutup kami kutipkan ucapan Umar bin Khattab r.a. yang artinya Kami adalah kaum yang dimuliakan Allah dgn Islam seandainya kami mencari selainnya niscaya kami akan dihinakan oleh Allah.

Juga ucapan Imam Malik rhm. yang artinya Tidaklah urusan umat ini akan menjadi baik kecuali dengan mengikuti hal-hal yang telah menjadikan umat terdahulu menjadi baik.

Wallahu a’lam. .

No comments:

Post a Comment